Karya Tulis Ilmiah.?

Apa yang dimaksud dengan karya tulis ilmiah..??

Tentunya kita sudah tidak asing lagi kan mendengar tentang karya ilmiah? Dan bahkan mungkin kita semua sudah pernah menulis karya ilmiah. Sebagai contoh, karya ilmiah yang sering kita tulis adalah makalah, dan mungkin ada juga yang pernah menulis skripsi, tesis ataupun disertasi. Namun tahukan kalian apa itu karya ilmiah? Yuk kita bahas apa itu karya ilmiah.

Sebelum membahas tentang karya ilmiah, terlebih dahulu kita harus mengetahui perbedaan karya ilmiah dan karya tulis lainnya. Perbedaan nya yaitu, karya ilmiah lebih banyak memuat fakta fakta dari para ahli dan harus dilakukan penelitian terlebih dahulu. Supaya penulis punya bahan untuk karya nya. Sedangkan karya tulis lain lebih ke pendapat bagi penulis bukan dari para ahli dan karya tulis lain kebenarannya juga perlu dipertimbangkan. Mari kita bahas, apa itu karya ilmiah?

Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik. Tujuan penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.

Mengapa harus ilmiah? Semua yang bernama karya pasti nya harus ilmiah, karena dalam sebuah karya ilmiah memiliki sifat-sifat yang harus dimiliki oleh sebuah karya ilmiah tersebut, yaitu : logis, sistematis, dan objektif. Maksud dari logis adalah, sebuah karya/tulisan yang kita buat harus masuk akal atau bisa diterima oleh akal. Sistematis maksudnya, sebuah karya yang kita tulis harus berurutan dan teratur. Kemudian yang terakhir harus objektif, maksudnya sebuah karya ilmiah/tulisan yang kita buat harus berdasarkan fakta yang ada supaya dapat dibuktikan kebenaran nya.

Baca Juga:   Update Discontinued Scopus March 2021, Termasuk IOP Conference Series: MSE

Apa saja ciri-ciri dari karya ilmiah?

Ciri-ciri yang ringkas dari karya ilmiah yaitu, cara penyajian fakta yang obyektif secara sistematis, penulisan yang tepat dan benar, tidak memuat pandangan tanpa pendukung, karya ilmiah itu tidak melebih-lebihkan sesuatu. Lalu, apa saja contoh dari karya ilmiah? Salah satu contoh karya ilmiah, yaitu sebagai berikut : artikel ilmiah popular,artikel ilmiah, kertas kerja, dan makalah.

By: Faza Nailun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com