Yang Baru di Google Scholar

Semakin ramainya dunia publikasi, juga didukung oleh Google scholar. Google Scholar (Bahasa Indonesia: Google Cendekia) adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi (Ni Ketut Susrini, 2009). Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Scholar mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Google Scholar menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas. Seseorang dapat mencari di seluruh bidang ilmu dan referensi dari satu tempat: makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitasprofesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya (Google). Google Scholar akan membantu seseorang mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis. Google Scholar bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama. Saat ini Google Scholar telah memperbaiki performanya.

Profil Google Scholar sebenarnya diperuntukan untuk Individu, bukan untuk Jurnal. sehingga, apabila search nama jurnal, tidak muncul.
Profil Google Scholar menurut indeksasinya terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

  1. Profil Google Scholar (untuk Individu) misalnya ini https://scholar.google.com/citations?user=mWtTUWIAAAAJ&hl=id
  2. Google scholar sebagai Indeks https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q= 2503-4820 &btnG= (jika muncul nama jurnalnya di sana, usahakan search by nomor issn, maka sudah terindeks berarti sudah terindeks di Google scholar)
  3. Google scholar matriks https://scholar.google.com/citations?view_op=top_venues&hl=en

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com