Apa itu Teknologi Multimedia?

McGraw-Hill Concise Encyclopedia of Engineering. © 2002 by The McGraw-Hill Companies, Inc.

Definisi teknologi multimedia mencakup aplikasi interaktif dan berbasis komputer yang memungkinkan orang untuk mengkomunikasikan ide dan informasi dengan elemen digital dan cetak. Profesional di bidang ini menggunakan perangkat lunak komputer untuk mengembangkan dan mengelola grafik dan konten online. Pekerjaan yang dihasilkan oleh spesialis teknologi media digunakan di berbagai media, seperti program pelatihan, halaman web, dan situs berita.

Teknologi multimedia menerapkan elemen komputer interaktif, seperti grafik, teks, video, suara, dan animasi, untuk menyampaikan pesan. Jika Anda memiliki keahlian dalam pekerjaan komputer dan tertarik pada media digital, baca terus untuk menemukan peluang karier dan pendidikan yang tersedia dalam bidang khusus yang sedang berkembang ini. Teknologi multimedia mengacu pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan menjalankan sistem tersebut.

Produk multimedia dapat dibuat dan dijalankan pada lingkungan komputer yang umum digunakan. Pengguna sistem multimedia dapat menggunakan berbagai perangkat input selain keyboard dan mouse, seperti joystick dan trackball. Layar sentuh menyediakan kemampuan input dan tampilan dan sering kali menjadi pilihan saat calon novis dalam jumlah besar dapat menggunakan sistem. Perangkat tampilan lain termasuk monitor resolusi tinggi dan proyektor komputer. Secara umum, kelimpahan grafik dan video dalam aplikasi multimedia membutuhkan resolusi tertinggi dan kapasitas warna terdalam pada perangkat layar.

Perangkat input untuk pembuatan aplikasi multimedia termasuk tablet grafis, yang merupakan permukaan yang peka terhadap tekanan untuk menggambar dengan pena khusus; kamera digital, yang mengambil gambar secara elektronik; dan pemindai, yang mengubah gambar dan gambar yang ada menjadi bentuk digital. Perangkat perangkat keras lain, seperti kartu video dan papan digitalisasi video, diperlukan untuk membuat dan memutar elemen video digital.

Baca Juga:   Multimedia dalam Pendidikan: Antara kemajuan dan keahlian

Perangkat keras untuk memasukkan elemen suara ke dalam sistem multimedia termasuk mikrofon, sistem pengenalan suara, chip suara di dalam komputer, dan speaker, yang datang dalam berbagai bentuk dengan berbagai kemampuan dan kualitas.

Masa depan teknologi multimedia tergantung pada evolusi perangkat keras. Ketika perangkat penyimpanan menjadi lebih cepat dan lebih besar, sistem multimedia akan dapat berkembang, dan peningkatan penggunaan DVD akan menghasilkan peningkatan kualitas. Meningkatnya kecepatan jaringan akan meningkatkan kemungkinan pengiriman aplikasi multimedia melalui WWW. Saat ini, Virtual Reality Modeling Language (VRML) digunakan untuk beberapa aplikasi WWW dan dapat secara drastis memperluas pengalaman multimedia. Realitas virtual menjadi lebih realistis dan akan memperluas pengalaman multimedia untuk menyelimuti pengguna. Satu kepastian dalam teknologi multimedia adalah bahwa ia akan terus berubah, menjadi lebih cepat, lebih baik, dan lebih realistis. Lihat virtual reality

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com