Tips OJS agar terindeks Google scholar

Google Cendekia (bahasa Inggris: Google Scholar) adalah layanan yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah (Wikipedia). Google scholar juga sangat bermanfaat dalam membuat karya ilmiah karena menyediakan literature ilmiah dari berbagai disiplin ilmu baik yang berupa buku, abstrak, maupun artikel. Literatur ilmiah sifatnya lebih dapat dipertanggungjawabkan jika digunakan untuk referensi penulisan karya tulis ilmiah.

Bagi pengelola jurnal, diindex oleh google scholar menjadi penting, selain memudahkan pencarian, juga memudahkan pengutipan. Pengelolaan jurnal yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan opensource OJS (Open Journal System). Sehingga apabila artiket yang terbit pada OJS yang terindex akan menambah profile scholar dan sitasi pada artikel kita.

Berikut tips untuk pengelola e-journal yang menggunakan OJS dari PKP agar artikel cepat terindex Google Scholar. Beberapa langkah yang dapat dilakukan pada OJS kita. 

Langkah pertama, masuk sebagai jurnal manager,  kemudian masuk pada menu “Setup > Detail > indexing” seperti pada gambar dibawah ini (Contoh menggunakan OJS 2)

Pada bagian Search Engine Indexing.  Isikan Description dengan nama jurnal dan custom tags dengan validasi dari google search console.

Cara memperoleh custom tags:

Masuk ke google search console dengan alamat: https://search.google.com/search-console/about

Kemudian Ketik alamatnya e-journal anda seperti gambar di bawah ini:

kemudian klik continue, pilih html tag

Selanjutnya copy dan paste-kan seperti gambar di bawah ini.

Save dan selesai

Baca Juga:   Garuda Dikti dan Cara Indeks Jurnal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com