Cek ID Scopus – Dosen, peneliti dan author 2020

Scopus adalah pangkalan data pustaka yang mengandung abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik. Scopus mengandung kurang lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit, 20.000 di antaranya merupakan jurnal tertelaah sejawat di bidang sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial. Pangkalan data ini dimiliki oleh Elsevier dan tersedia secara daring dengan model berlangganan. Pencarian di Scopus juga mencakup pencarian pangkalan data paten. Scopus Merupakan index jurnal yang memiliki point kum tertinggi dalam penilaian PAK Ristekdikti. Scopus merupakan layanan pustaka ilmiah yang berbayar, dan setiap universitas pastinya wajib memiliki Account Scopus, Jika pihak universitas tidak memiliki dan tidak bisa login di Scopus. Untungnya Scopus menyediakan fasilitas Author Preview meskipun terbatas. Untuk memanfaatkan fasilitas ini langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Buka laman Scopus di www.scopus.com
Kemudian klik link Author Preview seperti pada gambar di bawah ini:

Selanjutnya Isi kolom Author Last Name dengan nama belakang pengarang.  Pada contoh ini saya isi nama Mubaroq. Kemudian tekan Enter.

Akan muncul hasil pencarian, silahkan mencari sesuai dengan indentas anda. selanjutnya untuk mengetahui ID SCOPUS dengan cara klik kanan pada centang pilih inspect element atau tekan F12 di keyboard anda. Arahkan kursor anda dan klik icon panah seperti gambar di bawah ini, lanjut klik view last title kemudian akan muncul seperti berikut.

Disitu terlihat return toggleShowTitle(‘57200013128’,1). 57200013128 merupakan ID Scopus.
Untuk mengecek apakah benar angka tersebut merupakan ID Scopus dari pengarang yang bersangkutan, ketik http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId=nomorid pada browser. Dalam contoh ini saya ketik http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId=57200013128 dengan angka  57200013128 sebagai nomor ID Scopus. Dan akan keluar data mengenai author yang Anda cari, lengkap dengan jumlah sitasi maupun h-index.

Baca Juga:   Update Discontinued Scopus March 2021, Termasuk IOP Conference Series: MSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com