Garuda Dikti dan Cara Indeks Jurnal

Garuda (Garba Rujukan Digital) Dikti merupakan sebuah gerbang penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring, dan untuk peningkatan standar kualitas publikasi ilmiah di Indonesia.  Garuda dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI). Hadirnya  Garuda Dikti ditujukan untuk memberi kemudahan bagi para pengelola jurnal dan para pengguna referensi ilmiah untuk kepentingan akademis dan riset.

Garuda digunakan oleh pengelola jurnal ilmiah nasional sebagai sarana untuk promosi dan memperluas cakupan penyebaran jurnal ke seluruh pelosok negeri maupun juga luar negeri. Dengan mengindekskan jurnal di  Garuda akan meningkatkan sitasi dimana hal ini menjadi salah satu tolak ukur dalam penilaian kualitas jurnal. Untuk pengunjung atau pengguna, hal ini akan sangat bermanfaat sebab membantu dalam hal kemudahan mengakses referensi melalui satu pintu/.

Syarat pertama jurnal yang bisa di-index oleh “IPI: Indonesian Publication Index” adalah bahwa terbitan harus terdaftar di negara Indonesia yang ditunjukkan dengan nomor ISSN, baik berupa P-ISSN maupun E-ISSN. Syarat berikutnya adalah bahwa jurnal tersebut sudah pernah terbit minimal satu kali nomor issue dengan minimal jumlah paper adalah 5 artikel.

Berikut Langkah-langkah mendaftarkan jurnal kita ke Garuda:

  1. Pendaftar jurnal baru harus mengisi formulir secara online di https://garuda.ristekbrin.go.id/suggest selengkap mungkin, tampilan seperti berikut:
  1. Isilah identitas pada seluruh kolom yang tersedia sesuai jurnal Anda
  2. Setelah semua terisi dengan baik, silahkan klik Submit My Suggestion
This image has an empty alt attribute; its file name is garuda-submit.png
Garuda submit
  1.  Jika pengisian form diatas sukses maka pendaftar akan menerima balasan email dari Garuda.org berupa konfirmasi bahwa pendaftaran sudah diterima (email yang Anda gunakan saat register/suggest).
  2. Pendaftar menunggu evaluasi dari tim pengelola  Garuda IPI untuk menyampaikan keputusannya. Pengelola IPI berhak menerima atau menolak permohonan indeksisasi jurnal yang tidak memenuhi standar yang telah ditentukan.
  3. Sebagai tambahan informasi penting bagi para pengelola, bahwa jurnal yang sudah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara online khususnya yang sudah mendukung OAI (Open Archive Initiative), sebagai contoh seperti OJS PKP (Open Journal System) menjadi salah satu prioritas bagi kami.
  4. Jika jurnal yang diajukan sudah dinyatakan diterima maka pihak pengelola IPI akan segera memasukkan terbitan jurnal ke dalam database IPI. Bagi yang sudah menggunakan sistem OJS PKP maka pihak IPI akan mengambil data secara semi otomatis, tetapi bagi jurnal yang tidak mendukung OAI maka pihak pengelola harus mengirimkan metadata setiap terbitan kepada pihak pengelola IPI.
Baca Juga:   Discontinued Scopus February 2021

Berikut contoh jurnal yang sudah terindeks Garuda:

Cara cepat OJS agar terindeks Google, bisa baca artikel sebelumnya di Tips OJS agar terindeks Google scholar

Sekian, semoga bermanfaat.

Salam berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com