Word Processor, mudahkan pekerjaan dokumen

Word Processor merupakan suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Beberapa yang termasuk dalam word Processor adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Word
  • OpenOffice.org Writer
  • WPS
  • Google Document

Pada postingan kali ini, kita fokus buat bahas Microsoft Office Word atau biasa kita kenal dengan Ms. Word, atau cukup dengan Word saja. Ms. Word adalah salah satu program dari pengembang Microsoft yang fungsi utamanya adalah mengolah kata. Microsoft Word pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi Tool Word. Itu adalah versi pertama dari Microsoft Word, dan hingga sekarang banyak versi dari Microsoft Word yang sudah ada. Untuk versi terakhir dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2019 yang tergabung dalam Microsoft Office 2019.

Microsoft Word hingga sekarang masih menduduki puncak pertama program pengolahan kata yang sering digunakan di perangkat komputer dan laptop. Tidak hanya dari kalangan bisnis saja, pendidikan, bahkan untuk kalangan pribadi. Microsoft Word dipilih karena memang antar muka yang lebih mudah dipelajari. Fungsi utama Microsoft Word memang untuk membuat file dokumen. Dengan kata lain, untuk mengetik tugas-tugas dalam bentuk dokumen. Agar proses pengetikan dan pengerjaan tugas kita menjadi cepat selesai, berikut ini kami berikan beberapa trik untuk mengoptimalisasi penggunaan  Microsoft Word.

Klik 3 Kali, untuk blok Seluruh Paragraf

Langkah yang sering kita gunakan untuk memblok sebuah paragraf, kita terbiasa melakukan drag and down kursor mulai dari awal sampai akhir paragraf. Atau dengan Shift + Panah pada keyboard kita. Kalau paragrafnya super panjang tentu bikin repot kan. Nah cara cepat yang lebih mudah, cukup lakukan klik 3 kali paragraf yang kita mau, lalu dengan sendirinya paragraf tersebut akan terblok!

Blok Satu Kalimat Cukup dengan Ctrl+ Klik Kalimat yang Kita Inginkan

Untuk memblok satu kalimat, kita nggak perlu lagi memainkan kursor dari awal sampai akhir kalimat. Sering terjadi, kita keselip dan kalimatnya kelebihan atau kursornya terlepas sebelum sampai di akhir kalimat. Biar lebih mudah, kita cukup tekan tombol Ctrl dan pilih atau klik salah satu kata di kalimat yang kita inginkan. Sederhana kan?

Ctrl + Shift + C Bisa Digunakan untuk Copy Format Teks Tanpa Teksnya

Meski sederhana dan terlihat remeh, urusan format tulisan ini bisa cukup merepotkan. Karena banyak printilan yang harus kita atur satu-persatu. Akan sangat menguntungkan jika kita bisa copas dari format yang sudah ada. Dengan Ctrl + Shift + C kita bisa mengcopy format tulisan yang sudah ada tanpa menyertakan isi tulisan tersebut. Selanjutnya pakai Ctrl + Shift + V untuk mem-paste ke halaman kerja kita.

Pakai Ctrl + Space Bar untuk Copy Paste dari Internet atau Dokumen Lain yang Kadang Formatnya Berantakan.

Nggak jarang ketika kita perlu memasukkan data yang kita ambil dari internet lalu saat kita copas, format teks menjadi berantakan karena mengikuti format internet. Untuk mengubah menjadi plain text yang mengikuti format standar yang kita pakai, cukup tekan Ctrl + Space Bar setelah kita copas. Gampang kan?

Baca Juga:   Akun Wajib buat peneliti era distrubsi

Harus Ganti Halaman Baru Cukup Tekan Ctrl + Enter

Sekarang kita nggak perlu enter berulang-ulang untuk memulai halaman baru. Dengan memencet Ctrl + enter, dalam satu detik kita sudah berada di halaman baru tanpa memengaruhi halaman-halaman selanjutnya.

Semoga Bermanfaat, Salam berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com