Mendeley sebagai Tools Menulis Karya Ilmiah

Mendeley Sebagai Tools Menulis

Referensi dibutuhkan ketika kita membuat sebuah karya ilmiah. Penulis yang menggunakan referensi akan membandingkan ide, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisannya. Biasanya referensi dicantumkan dalam bentuk sitasi/kutipan dan daftar pustaka.

Saat melakukan teknik menulis, referensi yang dicantumkan ditulis secara manual. Kita akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Padahal hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau referensi yang dicantumkan juga tidak sedikit. Kemudian ketidakcermatan saat mengetik juga bisa berakibat pada kesalahan penulisan referensi. Untuk mengantisipasi hal ini, kita dapat menggunakan cara-cara alternatif agar penulisan referensi, sitasi, atau daftar pustaka bisa lebih mudah, akurat, dan cepat.

Kemudahan menulis referensi juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi. Kini, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program tersebut akan memudahkan kita dalam mencantumkan referensi. Ada berbagai macam software yang dapat dipilih untuk mempermudah menuliskan referensi, salah satunya Mendeley.

Cara menggunakan mendeley – Bagi dosen pastinya sudah tidak asing lagi dengan mendeley satu ini. Selain memudahkan dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat proses dalam penyusunan daftar referensi dalam karya ilmiah. 

Jadi pada kesempatan kali ini akan berbagi bagaimana menggunakan mendeley bagi pemula yang ingin menggunakan aplikasi satu ini. 

Cara Menggunakan Mendeley

Berikut cara menggunakan mendeley yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga:   Discontinued Scopus February 2021

Akun Mendeley

Langkah pertama sebelum menggunakan Mendeley adalah memiliki akun medeley yang terafiliasi dengan Elsevier. Anda dapat melakukannya disini. Dibutuhkan sebuah email untuk registrasi tersebut. Selanjutnya mengisikan nama, nama belakang atau family name, dan password.

Register page Mendeley

Download Mendeley 

Sebelum menggunakan Mendeley pada komputer kita, tentu harus memiliki aplikasi tersebut. Kita dapat mendownload terlebih dahulu aplikasi Mendeley. Kita dapat memperoleh installer mendeley ini pada halaman yang sama saat registrasi, seperti terlihat pada gambardibawah. Atau anda dapat mendownloadnya disini. Silahkan pilih sesuai dengan Sistem operasi yang anda gunakan; Windows, macOS atau Linux.

mendownload mendeley

Membuka Mendeley 

Setelah terinstal, Anda bisa langsung membuka mendeley dengan doble click pada icon mendeley di dekstop atau pada menu komputer anda. Berikutnya anda akan diminta untuk memasukkan email dan password yang telah kita daftarkan sebelumnya. Berikutnya akan tampil seperti gambar berikut

membuka aplikasi mendeley

Menghubungkan Mendeley ke Word 

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan mendeley ke Ms. Word dengan cara melakukan install MS Word Plugin. Silahkan download dan selanjutnya lakukan install.

Install MS Word Plugin

Setelah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah bisa digunakan. Ketika kita membuka Word, maka akan muncul di menu file references MS Word kita sebagai berikut.

install plugin mendeley ke MS word

Dari gambar di atas, Anda sudah bisa melihat ada tambahan menu yang bisa dijadikan sebagai cara menggunakan mendeley nantinya. 

Kembali ke Mendeley

Selanjutnya, Anda diminta untuk kembali ke Mendeley.

Membuat Folder

Jadi File PDF yang ada dibuatkan folder terlebih dahulu, ini berfungsi untuk memudahkan di proses selanjutnya. Untuk membuat folder, dapat dilihat pada gambar berikut

membuat folder baru Mendeley

Drag File

Semua file yang sudah ada, langsung di drag ke aplikasi mendeley. Gambar bisa dilihat sebagai berikut.

Baca Juga:   Akun Wajib buat peneliti era distrubsi
Isi file pdf mendeley

Cek Kelengkapan File Pada PDF. 

Terkadang, banyak file PDF yang tidak memiliki identitas lengkap seperti nama penulis, tahun, nama jurnal dsb. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan editing secara manual. Sebaliknya, jika semua file PDF sudah lengkap, maka Anda bisa langsung dan otomatis tersusun

Merubah Style Kutipan 

Dapat kita lakukan dengan klik panah disebelah menu “Style” pada MS Word, maka akan muncul beberapa pilihan, seperti gambar di bawah

Citation Style mendeley

Nah, anda juga dapat memilih style yang lain pada menu paling bawah, “More Styles”. Pilih dan klik “Use this Style” dan klik “Done”.

Bagaimana jika tidak ada style?  Beberapa kasus, ada beberapa yang tidak ada style sitasi. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengunduh style di laman zotero

Tahap selanjutnya mengetikan jurnal yang akan kita tuju. Klik jurnal yang diinginkan, dan secara otomatis pun jurnal akan terdownload. Setelah itu file yang terdownload umumnya dalam bentuk CSL. Selanjutnya file yang sudah terdownload pindahkan ke localdisk C, kemudian pilih program file, pilih mendeley desktop dan pilih cytation style 1.0

Menyisipkan Sitasi 

  • Tempatkan kursor pada akhir kalimat yang akan yang akan disimpan kutipan, selanjutnya klik “Insert Citation” pada menu REFERENCES. Sebagaimana terlihat pada gambar berikut:
Insert Citation
  • Klik “Go To Mendeley”
Go to mendeley

Kita akan diarahkan otomatis menuju halaman Mendeley kita. Selanjutnya pilih sumber kutipan. Apabila terdiri dari beberapa kutipan, silahkan gunakan CTRL pada keyboard dan Klik beberapa kutipan. Selanjutnya Klik “Cite” pada menu di atas. Dapat dilihat pada gambar berikut:

cara Cite mendeley

Membuat Daftar Pustaka 

Langkah terakhir membuat daftar pustaka, yaitu dengan klik Reference > Insert Bibiliography. maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tersusun sendiri.

Baca Juga:   Yang Baru di Google Scholar
Insert Bibliography, Daftar Pustaka

Cara-cara di atas dapat kita gunakan untuk menambahkan sitasi saat dalam proses melakukan teknik menulis. Cara tersebut lebih efektif dilakukan sehingga kita tidak perlu menulis satu persatu referensi yang digunakan. Hal ini juga meminimalisasi kesalahan pengetikan dalam pencantuman referensi. Dengan menggunakan cara tersebut, kita akan lebih cepat dalam menyelesaikan tulisan. Tidak hanya digunakan untuk melakukan teknik menulis, software Mendeley juga dapat digunakan ketika seseorang menulis makalah, jurnal, atau artikel ilmiah. Berbagai tulisan yang menggunakan daftar pustaka, dan kutipan dapat diselesaikan dengan bantuan Mendeley

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com